Langsung ke konten utama

Pengiriman Kuli Kontrak Banjarnegara ke Negara Suriname (Bag. 3)


Tanggal 21 Mei 1890 dengan kapal SS Koningin Emma, pertama kalinya bangsa jawa diberangkatkan dari Batavia menuju negara Suriname, dengan jumlah 94 orang. Setelah singgah di Negeri Belanda, akhirnya kapal tiba di Suriname pada tanggal 09 Agustus 1890. Bangsa  Jawa (meskipun sebenarnya bukan dari suku Jawa saja), di sana dipekerjakan sebagai kuli kontrak dengan masa kontrak 5 tahun. Pengiriman tenaga kerja dari Jawa tersebut berlangsung hingga tahun 1939, dengan jumlah mencapai 32.956 orang.

Dan, diantara orang Jawa yang dikirim ke Suriname tersebut, banyak juga orang-orang dari wilayah eks Karesidenan Banyumas, lebih dari 1000-an orang, termasuk diantaranya, dari Kabupaten Banjarnegara.

Melalui penelusuran data di https://www.nationaalarchief.nl/ atau http://www.gahetna.nl/, sementara ini ditemukan lebih dari 60 orang yang berasal dari Kabupaten Banjarnegara. Siapa saja mereka?

Baiklah, mari kita simak data berikut ini. Siapa tahu diantara mereka adalah keluarga Anda!




























Komentar

Postingan populer dari blog ini

PTO PNPM MANDIRI PERDESAAN 2014

Telah disahkan Petunjuk Tehnis Operasional (PTO) pada tanggal 2 Mei 2014 terkait dengan pelaksanaan Program Nasional Pemberdayaan Masyarakat Mandiri Perdesaan. PTO ini merupakan pedoman terbaru dalam rangka pelaksanaan PNPM, menggantikan PTO sebelumnya. Didalamnya terapat penambahan ataupun perubahan / revisi.  Disamping PTO tersebut, juga dilengkapi dengan 14 Buku Penjelasan PTO serta 1 Buku Forumulir. Sampul PTO sekarang berwarna merah. Adapun buku penjelasan PTO serta Formulir tersebut secara garus besar terdiri dari : 1. Penjelasan I,     Sosialisasi Dan Penyebaran Informasi 2. Penjelasan II,    Fasilitasi Dan Pengembangan Kapasitas.  3. Penjelasan III,   Musyawarah Musyawarah PNPM Mandiri Perdesaan. 4. Penjelasan IV,   Jenis Dan Proses Pelaksanaan Bidang Kegiatan. 5. Penjelasan V,    Pemangku Kepentingan dan Pelaku PNPM Mandiri Perdesaan 6. Penjelasan VI,   Penulisan Usulan Dan Verifikasi. 7. Penjelasan VII,  Pemantauan, Pengawasan, Evaluasi, Audi

PABRIK GULA SENDANG PITU

PABRIK GULA COMAL