Langsung ke konten utama

Acara Selamatan Pasukan Belanda di Dadapayam

Dadapayam adalah sebuah desa di Kecamatan Suruh Kabupaten Semarang. Pada masa perang kemerdekaan, desa tersebut pernah dijadikan salah satu pos pertahanan Pasukan Belanda yaitu dari Resimen Infanteri 2-6.

Foto-foto berikut memberi bukti bahwa pasukan tersebut memang pernah berada di desa tersebut. Foto yang merekam kegiatan pentas seni dalam rangka "Slametan" untuk Resimen Infanteri 2-6, entah selamatan dalam rangka memperingati apa, tidak dijelaskan dari sumber foto ini diperoleh.

Sumber foto dari situs arsip digital https://www.nationaalarchief.nl dalam bentuk foto hitam putih. Tanggal peristiwa: 8 Desember 1947.

Sekedar untuk lebih kelihatan kekinian, foto tersebut diedit sedemikian rupa sehingga nampak lebih jelas.

1. Penonton dan rombongan seni kuda Lumping memasuki arena acara












2. Paduan suara anak-anak



3. Pos pemeriksaan untuk pengunjung oleh tentara Belanda




 4. Penabuh Gamelan







 5. Pentas Seni Kuda Lumping/ Jaran Kepang










 6. Pentas Seni Tari (mungkin Tayub)









7. Serdadu Belanda sedang menoton



 8. Ada juga serdau yang berjaga

Komentar

Postingan populer dari blog ini

PTO PNPM MANDIRI PERDESAAN 2014

Telah disahkan Petunjuk Tehnis Operasional (PTO) pada tanggal 2 Mei 2014 terkait dengan pelaksanaan Program Nasional Pemberdayaan Masyarakat Mandiri Perdesaan. PTO ini merupakan pedoman terbaru dalam rangka pelaksanaan PNPM, menggantikan PTO sebelumnya. Didalamnya terapat penambahan ataupun perubahan / revisi.  Disamping PTO tersebut, juga dilengkapi dengan 14 Buku Penjelasan PTO serta 1 Buku Forumulir. Sampul PTO sekarang berwarna merah. Adapun buku penjelasan PTO serta Formulir tersebut secara garus besar terdiri dari : 1. Penjelasan I,     Sosialisasi Dan Penyebaran Informasi 2. Penjelasan II,    Fasilitasi Dan Pengembangan Kapasitas.  3. Penjelasan III,   Musyawarah Musyawarah PNPM Mandiri Perdesaan. 4. Penjelasan IV,   Jenis Dan Proses Pelaksanaan Bidang Kegiatan. 5. Penjelasan V,    Pemangku Kepentingan dan Pelaku PNPM Mandiri Perdesaan 6. Penjelasan VI,   Penulisan Usulan Dan Verifikasi. 7. Penjelasan VII,  Pemantauan, Pengawasan, Evaluasi, Audi

PABRIK GULA SENDANG PITU

PABRIK GULA COMAL